Network Service , Arsitektur dan Komunikasi Data

Network Service , Arsitektur dan Komunikasi Data

Jaringan (network) adalah kumpulan dua atau lebih sistem komputer yang terhubung satu sama lain sedangkan Arsitektur komunikasi komputer adalah merupakan suatu penetapan terhadap elemen-elemen, fungsi-fungsi dari setiap elemen dan hubungan antar elemen yang dibutuhkan untuk melakukan komunikasi data.

Komunikasi Data merupakan proses pengiriman informasi diantara dua titik menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan perangkat  , bisa antara komputer dan komputer, komputer dengan terminal, peralatan, atau peratalan dengan peralatan komputer.
Ex : client keclient, client keserver, sinyaltelpon, SMS, Radio,Televisi

- Pengertian Network
Jaringan (network) adalah kumpulan dua atau lebih sistem komputer yang terhubung yang mana terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya seperti: kabel, switch, HUB, router, dll yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.


Komunikasi Data

- Komunikasi Data merupakan proses pengiriman informasidiantara dua titik menggunakan kode biner melewati salurantransmisi dan perangkat. Bisa antara komputer dan komputer,komputer dengan terminal, peralatan, atau peratalan denganperalatan komputer.

- Ex : client keclient, client keserver, sinyaltelpon, SMS, Radio, Televisi

Elemen Komunikasi Data

Elemen utama komunikasi data:

› *Sumber/ source

Ex : telpon dan pc

› *Transmitter

Ex : modem merubah sinyal digital ke analog

› *System transmisi

Jalur transmisi yang menghubungkan sumber dan tujuan

› *Receiver

Ex : modem merubahsinyalanalog kedigital


Arsitektur Komunikasi Data

Arsitektur komunikasi komputer adalah merupakan suatu penetapan terhadap elemen-elemen, fungsi-fungsi dari setiap elemen dan hubungan antar elemen yang dibutuhkan untuk melakukan komunikasi data. Elemen dalam suatu arsitektur komunikasi data dapat dilakukan pertukaran atau perbaikan tetapi tanpa harus menukar elemen-elemen yang lain.

Contohnya, komunikasi antar dua komputer yang memerlukan tiga elemen; software aplikasi, komputer atau interface dan kabel. Contoh arsitektur sistem komputer yang berasas vendor (produsen) adalah SNA (System Network Architecture) oleh IBM dan DNA (Dec NetworkvArchitecture) oleh perusahaan DEC. Ada beberapa arsitektur yang tidak berdasarkan vendor seperti OSI (Open System Architecture) yang diperkenalkan dengan ISO (International Standard Organization) dan TCP/IP (Transport Communication Protocol / Internet Protocol).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar